MENU MELAYANG (VERSI ASLI LAMA)

Heiken Ashi

Indikator Heiken Ashi merepresentasikan jenis yang spesifik dari candlestick yang berbeda dari yang biasa kita gunakan untuk melihat grafik candlestick Jepang. "Heiken Ashi" diterjemahkan sebagai "batang di tengah" dari bahasa Jepang. Pendekatan ini dikembangkan pada tahun 1700 oleh Munehisa Homma.

Bagimana indikator ini bekerja

Tujuan utama dari indikator ini adalah untuk mengeluarkan noise dair pasar. Seperti yang Anda ingat candlestick Jepang dengan mudah memvisualisasi harga pembukaan, penutupan, nilai tertinggi dan terendah selama periode waktu tertentu. Heiken Ashi memiliki rumusan yang spesifik, yaitu:

Heikin-Ashi open = [Open (batang sebelumnya) + Close (batang sebelumnya)]/2

Heikin-Ashi close = (Open+Nilai Tertinggi+Nilai Terendah+Close)/4

Heikin-Ashi High = Max (Nilai Tertinggi, Open atau Close)

Heikin-Ashi Low = Min (Nilai Terendah, Open atau Close)

Indikator ini tentunya menghitung semuanya secara otomatis. Namun Anda harus menmahami darimana candlestick Heiken Ashi datang dan menyadari jika Heiken Ashi terjadi, itu bukan berarti harga langsung menyentuh tingkat tersebut. Indikator ini dengan mudah menunjukkan trend.

Berikut adalah candlestick Jepang yang biasa:


Disini adalah candlestick Heiken Ashi untuk periode waktu yang sama (grafik harga itu sendiri membentuk grafik garis):


Jika Anda membandingkan grafik candlestick yang sederhana dengan Heiken Ashi, maka Heiken Ashi akan terlihat lebih halus karena itu menunjukkan rata-rata dari pergerakan harga. Perhatikan candlestick Heiken Ashi cenderung memiliki warna bullish (warna apapun yang Anda pilih pada pengaturan - mari kita atur warnanya hijau) selama trend naik, dan warna bearish selama trend turun (mari kita atur warnanya merah). Harga saat ini dari Heiken Ashi bisa saja berbeda dari harga saar ini di asset keuangan yang sedang Anda tradingkan. Juga tidak ada jarak di grafik Heiken Ashi.

Bagaima cara mengimplementasikan

Untuk menambahkan indikator ke dalam grafik, klik "Insert", pilih "Indicators", kemudian "Custom". Lalu Anda bisa menemukan "Heiken Ashi".

Bagaimana cara menggunakannya Heiken Ashi

Sangat mungkin untuk mengetahui banyak hal mengenai pasar dengan mengobservasi candlestick Heiken Ashi:

Candlestick bullish tanpa bayangan rendah memberikan sinyal trend naik yang kuat. Candlestick bearish tanpa bayangan tinggi memberikan sinyal trend turun yang kuat. Candlestick yang memiliki body yang kecil dengan bayangan diatas dan dibawah (doji) memberikan sinyal adanya perubahan dalam trend.


Indikator Heiken Ashi bisa digunakan untuk beberapa tujuan:

Untuk mengukur kekuatan trend. Jika trend kuat, trader bisa menahan dan mengambil keuntungan dari trading ke arah trend. Untuk mengidentifikasi pembalikan. Saat pembalikan di trend memungkinkan trader menutup order di trend sebelumnya atau membuka order baru.

Direkomendasikan untuk menggunakan Heiken Ashi dengan indikator lainnya, contohnya dengan Stochastic Oscillator. Strategi trading sederhana yang menggunakan dua indikator ini bisa membuka order buy ketika Stochastic keluar dari daerah kelebihan jual, dan ada pembalikan candlestick di Heiken Ashi. Begitu juga dengan order sell yang harus dibuka ketika Stochastic meninggalkan daerah kelebihan beli dan ada candlestick pembalikan bearish di Heiken Ashi. Anda bisa melihat contoh dari sinyal sell dari Heiken Ashi dan Stochastic Oscillator pada grafik di bawah ini:


Juga memungkinkan untuk menentukan tingkat support dan resistance di grafik Heiken Ashi, juga harga dan pola grafik.

Timeframes. Jika Anda adalah trader harian, gunakan Heiken Ashi pada timeframes mulai dari M5 sampai H1. Jika Anda adalah trader swing dan menjaga posisi order terbuka untuk beberap ahari, Anda bisa menggunakan Heiken Ashi pada timframes H4 dan D1.

Pasangan mata uang. Anda bisa menggunakan Heiken Ashi untuk pasangan mata uang apapn, namun yang terbaik bisa didapatkan di pasangan yang mengandung JPY di dalamnya (EUR/JPY, GBP/JPY, CAD/JPY) karena mereka cenderung memiliki volatilitas yang tinggi.

Keuntungan dan kerugiannya

Keuntungan utama dari Heiken Ashi adalah mengeliminasi sinyal buruk (noise pasar) dan membuat trader lebih mudah untuk mendapatkan sinyal trading yang bagus. Hasilnya lebih mudah menganalisa pasar.

Kekurangan dari indikator Heiken Ashi adalah bergerak dibelakang harga. Ini umum karena indikator butuh harga yang membentuk nilai tertinggi, terendah, dan penutupan harga untuk dibaca secara sempurna.

Kesimpulan: Heiken Ashi adalah alat analisi yang sangat bagus, bisa membuat trader fokus kepada sinyal masuk pasar terbaik dan juga untuk masuk ke trend selama mungkin. Gunakan Heiken Ashi bersama dengan indikator tehnikal lainnya dan juga analisa pergerakan harga.

Blog Post

www.tradingmas.com

Ikuti kursus trading langkah demi langkah dan jadilah trader sukses.

Back to Top

Kunjungan