MENU MELAYANG (VERSI ASLI LAMA)

Market Facilitation Index

Mari kita lanjutkan studi indikator teknikal kita ke indikator yang dibuat oleh Bill Williams. Market Facilitation Index (MFI) mengukur kekuatan atau kelemahan dari pergerakan suatu harga. Seperti namanya, gagasan dari indikator ini ialah untuk memudahkan Anda dalam melakukan trading. Dengan menggunakan MFI, Anda akan dapat mengetahui 3 hal penting berikut:
  • apakah tren saat ini cukup kuat untuk diikuti dalam trading;
  • kapan tren baru akan dimulai;
  • kapan sebaiknya menghindari trading.
Untuk menambahkannya ke dalam grafik MetaTrader, klik "Insert", pilih "Indicators", "Bill Williams" dan kemudian "Market Facilitation Index".

MFI menggabungkan perubahan dalam harga (range) dan volume. Berikut formulanya:

MFI = (High – Low) / Volume

Indikator ini memiliki bar dengan 4 warna. Masing-masing warna memiliki arti tertentu dan menunjukkan reaksi pasar terhadap perubahan volume.

Hijau. Bar hijau terbentuk ketika MFI dan volume naik. Ini menunjukkan bahwa saat ini jumlah trader yang memasuki pasar semakin banyak. Atau dengan kata lain, ini menandakan bahwa tren sedang menguat, sehingga Anda bisa membuka transaksi sesuai dengan tren tersebut.

Cokelat. Bar cokelat muncul ketika MFI dan volume turun. Bari ini juga sering disebut "fade". Ia menunjukkan bahwa trader skeptis dan tidak ingin lagi melanjutkan tren. Oleh karena itu, sebaiknya tidak dianjurkan untuk trading mengikuti tren. Beberapa bar cokelat mengindikasikan adanya potensi pembalikan tren.

Biru. Bar biru terbentuk ketika MFI naik, tapi volume turun. Lonjakan harga dapat berlangsung singkat sebelum perubahan tren terjadi. Bar biru muncul pada saat para trader pemula memasuki tren, tapi para trader profesional mendeteksi bahwa kondisi ini sudah sangat berisiko.

Merah muda. Bar merah muda, atau juga dikenal sebagai "squat", muncul ketika MFI berkurang, tapi volume naik. Bar ini merefleksikan peningkatan interes trading dan konfrontasi antara pelaku beli dan pelaku jual. Setelah salah satu pihak unggul, harga dapat membuat pergerakan signifikan dengan menerobos level support dan resistance. Namun, MFI tidak dapat digunakan untuk menentukan arah breakout.


Cara trading menggunakan MFI

Warna-warna bar MFI memberi trader informasi penting mengenai pasar. Bar hijau atau merah muda yang terkait dengan peningkatan volume biasanya diartikan sebagai peluang trading. Anda bisa membandingkan bar indikator dengan bar yang mendahuluinya untuk mengetahui apakah kondisi trading akan menjadi lebih baik atau buruk.

Seperti kebanyakan indikator teknikal pada umumnya, penggunaan MFI secara tunggal dalam trading bukanlah opsi terbaik. Bill Williams merekomendasikan untuk menggabungkan MFI dengan indikator Fractal dan indikator lainnya, misalnya, Alligator atau Moving Average.

Blog Post

www.tradingmas.com

Ikuti kursus trading langkah demi langkah dan jadilah trader sukses.

Back to Top

Kunjungan