MENU MELAYANG (VERSI ASLI LAMA)

Osilator McClellan

Indikator luas pasar adalah alat analisis teknis yang ampuh di tangan para trader. Mereka menentukan arah pasar dan membantu mengidentifikasi apakah pasar sedang bullish, bearish, atau netral. Nilai utama indikator ini adalah mereka biasanya berubah arah sebelum indeks pasar utama, dan sangat efektif saat harga berada di puncak.

Salah satu ciri khas indikator luas pasar adalah bahwa indikatornya lebih efektif ketika menganalisis ekuitas dan indeks. Ciri lainnya adalah bahwa indikatornya fokus digunakan untuk trading swing dan jangka panjang. Bagaimanapun, indikator luas pasar layak untuk dipelajari. Khususnya, indikator populer Osilator McClellan (MO).

Apa itu Osilator McClellan?

Sherman dan Marian McClellan menciptakan Osilator McClellan (MO) pada tahun 1969 dan menjelaskan konsepnya secara rinci dalam buku mereka, Patterns for Profit: The McClellan Oscillator and Summation Index.

MO adalah salah satu indikator luas pasar yang paling diminati yang digunakan untuk analisis teknis. Indikator ini dirancang untuk menganalisis rentang pasar berdasarkan penyebaran jumlah total sekuritas yang naik dan turun di New York Stock Exchange (NYSE) dan NASDAQ.

MO didasarkan pada perbedaan exponential moving average (EMA) lebih cepat dan lebih lambat dengan periode 19 dan 39 hari. Indikator dapat mengambil nilai positif dan negatif. Jika average jangka pendek (19 hari) lebih tinggi dari average jangka panjang (39 hari), nilai indikator akan positif dan trennya bullish. Sebaliknya, jika average jangka pendek (19 hari) lebih rendah dari average jangka panjang (39 hari), indikatornya akan negatif dan trennya bearish.

Cara menghitung Osilator McClellan

Cara menghitung MO dalam tiga langkah:
  1. Pertama, Anda menghitung simple average untuk jumlah sekuritas yang naik dan turun. Ini adalah nilai EMA hari sebelumnya untuk EMA 19 dan 39 hari.
  2. Kedua, Anda menghitung EMA 19 dan 39 hari menggunakan rumus yang disebutkan lebih lanjut dalam artikel.
  3. Ketiga, Anda mengurangi EMA 19 hari dengan EMA 39 hari.
Rumus untuk Osilator McClellan

Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk menghitung MO, Anda harus mengurangi EMA 19 hari dengan EMA 39 hari. EMA dihitung dengan menentukan perbedaan antara sekuritas yang naik (advance) dan turun (decline). Kita dapat menyederhanakan perhitungan menjadi satu rumus, seperti ini:

(EMA 19 Hari Advance-Decline) − (EMA 39 Hari Advance-Decline)

Untuk menghitung EMA 19 hari, gunakan rumus berikut:

(Advance-Decline Hari Ini) x 0,10 + EMA Hari Sebelumnya

Untuk menghitung EMA 39 hari, gunakan rumus berikut:

(Advance-Decline Hari Ini) x 0,05 + EMA Hari Sebelumnya

Untuk perbandingan nilai selama periode waktu yang lebih lama, gunakan rumus yang disesuaikan:

(EMA 19 hari ANA) − (EMA 39 hari ANA)

ANA adalah singkatan dari Adjusted Net Advance (net advance yang disesuaikan) dan dihitung dengan:

Advance-Decline

⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯⎯

Advance + Decline

Cara menghitung EMA 19 dan 39 hari untuk penggunaan rumus yang disesuaikan:

(ANA Hari Ini − EMA Hari Sebelumnya) x 0.10 + EMA Hari Sebelumnya

(ANA Hari Ini − EMA Hari Sebelumnya) x 0,05 + EMA Hari Sebelumnya

Cara trading dengan Osilator McClellan

Seperti kebanyakan indikator analisis teknis, penggunaan MO meluas ke area yang berbeda. Artinya, ada berbagai cara untuk menggunakannya guna memprediksi harga di masa depan. Indikator ini dapat memberikan sinyal beli atau jual tertentu. Dalam pengertian ini, bentuk yang paling populer adalah menganalisis divergensi bullish atau bearish. Divergensi terjadi ketika indikator bergerak ke arah yang berlawanan.


Divergensi bullish artinya harga indeks bergerak ke arah bearish, sedangkan indikator bergerak ke arah bullish. Ini memperingatkan kita bahwa tren turun mungkin sudah berakhir. Oleh karena itu, ini dapat menjadi sinyal untuk membuka posisi beli atau menutup posisi jual.


Divergensi bearish artinya harga indeks bergerak ke arah bullish dan indikator bergerak ke arah bearish. Ini memperingatkan kita bahwa tren naik mungkin sudah berakhir. Jadi, ini adalah sinyal yang memungkinkan untuk membuka atau menutup posisi jual.

MO dalam banyak hal mirip dengan indikator divergensi konvergensi rata-rata bergerak (MACD). Singkatnya, ketika osilator positif, EMA 19 hari berada di atas EMA 39 hari, itu adalah sinyal bahwa sekuritas yang naik mengalahkan sekuritas yang turun. Jika osilator jatuh ke nilai negatif, yang terjadi adalah sebaliknya, sekuritas yang turun mengalahkan sekuritas yang naik.


Seperti indikator MACD, ketika MO memberikan nilai positif, biasanya merupakan pertanda positif untuk investor bullish. Di sisi lain, nilai negatif biasanya merupakan tanda positif bagi investor bearish. Investor juga harus memperhatikan divergensi dengan harga saham, karena ini dapat menjadi tanda bahwa pasar bersiap untuk pembalikan. Hal lain yang perlu dipantau adalah lonjakan yang menunjukkan periode pergerakan yang lebih lama, lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pada tarikan yang akan terjadi.

Cara menginstal Osilator McClellan

Osilator McClellan adalah indikator khusus dan tidak terintegrasi ke dalam terminal trading MetaTrader secara default. Untuk menggunakannya, Anda perlu:
  • Unduh file di https://www.mql5.com/en/code/24352;
  • Instal di MetaTrader 5 Anda;
  • Buka halaman Indikator dan temukan Osilator McClellan dalam daftar abjad;
  • Tambahkan indikator McClellan ke grafik.
Strategi trading Osilator McClellan

Ada berbagai strategi yang berdasarkan pada MO. Misalnya, ini dapat didasarkan hanya pada satu sinyal: persimpangan level nol. Ketika osilator melintasi level nol dari bawah ke atas, buka posisi beli. Ketika osilator melintasi garis nol, buka posisi jual.

Anda juga dapat menggunakan strategi klasik untuk osilator. Misalnya, ketika osilator melebihi nilai -70, Anda membeli. Ketika osilator turun di bawah +70, Anda menjual. Pada strategi ini, Anda dapat membuka posisi beli saat harga berada di atas moving average, dengan garis indikator menembus level nol. Di sisi lain, Anda dapat membuka posisi jual dibuka saat harga berada di bawah moving average.

Harap perhatikan bahwa saat menggunakan indikator McClellan, Anda wajib memasang order tertunda dan stop loss dalam strategi apa pun.

Kesimpulan

Pada akhirnya, pasar terus berfluktuasi, dan oleh karena itu perhitungan Osilator McClellan, seperti indikator teknis lainnya, berubah secara teratur. Jika Anda menggunakan indikator ini untuk memahami pasar dan trading di Bursa Efek New York, cobalah untuk mengevaluasi nilai sebenarnya dari informasi yang dihasilkannya sebelum mengambil tindakan. Seperti kebanyakan osilator, mungkin sulit untuk membedakan antara sinyal valid dan salah, dan analis biasanya menjadi mahir dalam menggunakan MO hanya setelah beberapa waktu dan dengan mengkombinasikannya dengan indikator teknis lainnya.

Blog Post

www.tradingmas.com

Ikuti kursus trading langkah demi langkah dan jadilah trader sukses.

Back to Top

Kunjungan